Selasa, 27 Oktober 2009

Pasar Ikan Dangkel Parakan...Optimisasi Wisata Daerah








Sekitar bulan Juli lalu (pastinya lupa :) ), Pasar Ikan Dangkel yang terletak di putaran 'luar kota' Kecamatan Parakan ini diresmikan oleh pemerintah setempat. Fenomena perkembangan ini merupakan simbol optimisasi wisata daerah, disamping aspek pertanian dan industri yang sudah puluhan tahun menduduki peringkat pertama dalam perannya menyumbang kas daerah.

Di kompleks Pasar Dangkel yang relatif luas ini terdapat arena untuk para pedagang ikan dengan konsep sewa lahan per hari, dikelilingi kios2 yang menyediakan bermacam kebutuhan pokok warga. Tampak dari depan, terdapat gedung pertemuan berkapasitas 300 orang yang bisa digunakan untuk resepsi, pertemuan keluarga, gathering, seminar dan lain-lain. Walaupun terletak diluar kota, gedung ini cukup menarik untuk digunakan karena pelayanan one stop shopping yg ada disitu. Selain gedung utama, dibelakang nya terdapat Guest House dengan konsep Cottage dan Guest House massal alias berkapasitas banyak.


Harga sewa Guest House ini cukup terjangkau, untuk cottage dengan kapasitas 2 - 4 orang, ada garasi & ruang keluarga harga sewanya Rp. 250.000,- / hari. Sedang GH massal per kamar hanya dipatok dengan harga Rp. 70.000,- / hari. Untuk sewa gedung dipatok harga Rp. 200.000,- / hari. Apabila kita membutuhkan kursi dan meja, bisa sekaligus sewa dengan harga Rp. 3.000,- / pc. Untuk sewa sound system sekaligus juga bisa, harga sekitar Rp. 500.000,-. Jadi kurang lebih bila kita hendak menyelenggarakan seminar atau resepsi misalnya, anggaran total untuk gedung lengkap dengan isinya sekitar Rp. 1.000.000,-. Hemat bukan ?Tempatnya nyaman lagi. (Harga tersebut kemungkinan bisa berubah per tahun 2010 besok).


Ada lagi yang cukup menarik dari kompleks pasar Dangkel ini. Selain GH, Gedung Pertemuan dan Pasar Ikan Modern, terdapat kolam renang anak dan kantin bakso jamur di bagian paling dalam. Harga Bakso nya juga terjangkau, Rp. 5.000,- / mangkuk. Tempo hari lalu terdapat sdikit masalah dengan sumber airnya sehingga air kolam renang menjadi agak keruh, semoga pemerintah setempat segera menindak lanjuti agar kompleks wisata ini bisa makin berkembang.

Sampai disini dulu ya jalan2 kita kali ini.....next time, janji deh ku upload in info2 wisata yang lain. Siiip .siiipp.... :)) See U !





1 komentar:

  1. Halo..apakah punya kontak person pengurus gedung pasar ikan ? Harga sewa utk tahun 2020 kira2 berapa ya? Makasih

    BalasHapus